Sabtu, 08 Juni 2019

Bangun Ruang Sisi Lengkung

1. TABUNG
Tabung adalah bangun ruang sisi lengkung yang dibentuk oleh dua buah lingkaran identik yang sejajar dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut. Tabung memiliki tiga sisi yakni dua sisi datar dan satu sisi lengkung.
 Benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang menyerupai tabung adalah tong sampah, kaleng susu, lilin, dan pipa.
Luas Tabung
Luas  tabung   ekuivalen   dengan   jumlahan   semua luas bangun penyusun dari jaring-jaring tabung. Jaring-jaring tabung terdiri atas dua lingkaran dan satu persegi panjang.















Misalkan terdapat tabung dengan jari jari r dan tinggi t, maka:
L  =  Luas jaring-jaring tabung
       = 2 × Luas Lingkaran + Luas ABCD  (Ingat: panjang AB = keliling lingkaran)
           = 2πr2  AB × BC                                                 panjang BC = tinggi tabung.
      = 2πr2  + r × t
      = 2πr(r + t)
Volume Tabung
Volume tabung adalah hasil perkalian dari luas alas tabung  dengan  tinggi  tabung  atau  dapat  dirumuskan sebagai berikut:
V =  L  × t
    = πr2  × t

2.  KERUCUT
Kerucut adalah bangun ruang sisi lengkung yang dapat dibentuk dari  tabung dengan mengubah tutup tabung menjadi titik. Titik tersebut biasanya disebut dengan titik puncak. Kerucut memiliki dua sisi, yaitu  satu sisi datar dan satu sisi lengkung. Kerucut merupakan limas dengan alas lingkaran.
Benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang menyerupai kerucut adalah topi ulang tahun, topi petani, dan cone es krim

Luas Permukaan Kerucut
Luas  permukaan  ekuivalen  dengan  jumlahan semua  luas   bangun   penyusun   dari   jaring-jaring kerucut.   Jaring-jaring   kerucut   terdiri   atas   satu lingkaran dan satu selimut yang berbentuk juring.












Misalkan terdapat kerucut dengan jari jari r dan garis pelukis s, maka:
L =  Luas Lingkaran + Luas Juring ABC
   = πr2  + πrs
   = πr(r + s)

Volume Kerucut









Volume kerucut adalah 1/3 bagian dari volume tabung dengan jari-jari dan tinggi yang sama atau dapat dirumuskan sebagai berikut:








3. BOLA
Bola adalah bangun ruang sisi lengkung yang dibentuk dari tak hingga lingkaran yang memiliki jari-jari sama panjang dan berpusat pada titik yang sama. Bola hanya memiliki  satu sisi yang merupakan sisi lengkung. Bola dapat dibentuk dengan memutar/merotasi setengah lingkaran sebesar 360o dengan diameter sebagai sumbu rotasi
Benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk bola adalah bola olah raga (sepak bola, basket, voli dan lain-lain), kelereng, globe, dan lainnya.

Luas Permukaan Bola
Luas permukaan bola adalah sama dengan 4 kali luas lingkaran  yang  memiliki  jari-jari  yang  sama  atau  dapat dituliskan sebagai berikut
              L = 4πr2   

Volume Bola









#hari #klikhari #pakhari #spenduta #sobatspenduta #spendutasidoarjo #smpn2taman #smpn2tamansidoarjo #smp2taman #smp2tamansidoarjo #banggaspenduta
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Terimakasih atas kunjungan anda